Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Kamu Gak Cepat Lapar



Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Kamu Gak Cepat Lapar [ www.BlogApaAja.com ]

Bagi Anda yang sedang berdiet, godaan untukmakan camilan pasti sulit dihindari. Lebih baik, ganti camilan Anda denganmakanan sehat yang bisa bantu mengontrol nafsu makan. Ingin tahu makanan apasaja yang baik dikonsumsi selama diet? Berikut jenis-jenis makanan yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehinggatidak cepat lapar, dirangkum dari Woman"s Day.

1. Telur



Sebuah studi yang dilakukan Pusat PenelitianPennington Biomedical di Los Angeles menemukan, bahwa orang-orang yangkelebihan berat badan dan mengonsumsi telur saat sarapan, cenderung bisamenahan lapar. "Telur adalah kombinasi sempurna antara protein dan lemak,sehingga lebih memuaskan perut dibanding sarapan lainnya," ujar JulieKaye, MPH, RD, CDN, seorang ahli diet dari New York. Masih ragu makan telurkarena kolesterol? Kaye juga menambahkan, "meskipun kandungan lemak dalamkuning telur cenderung tinggi, itu bukanlah penyebab utama kolesterol darahmeningkat," jelas Kaye. Jika Anda masih khawatir, Anda bisa mencoba putihtelur cair, yang juga mengandung protein dan dapat mencegah kelaparan lebihlama.

2. Alpukat



Buah hijau satu ini selain lezat, juga memilikibanyak manfaat dengan kandungan serat serta lemak tak jenuh di dalamnya."Tinggi serat dan kaya lemak, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untukdicerna, dan memungkinkan Anda untuk kenyang lebih lama," ungkap ErinPalinski, RD, CDE, LDN, CPT, penulis "Belly Fat Diet for Dummies". Penelitianjuga menunjukkan bahwa asam oleat dan lemak tak jenuh dalam alpukat, akanmempengaruhi otak untuk berpikir perut sudah penuh sehingga Anda pun tidak akancepat lapar.

3.Kacang-kacangan



Satu porsi kacang-kacangan akan membuat perutterasa penuh lebih lama karena kandungan protein, karbohidrat kompleks danlemak baik di dalamnya. Menurut Julie McGinnis, MS, RD, seorang ahli diet,"Gula darah yang stabil karena konsumsi jenis kacang-kacangan akan membuatperut terasa kenyang lebih lama," ungkapnya.

4. Lada Merah



Rempah-rempah satu ini adalah salah satumakanan yang bisa menekan nafsu makan Anda. Penelitian dari Universitas Purduedi West Lafayette, IN, menemukan bahwa orang yang menambahkan setengah sendokteh lada merah untuk makanannya, akan mengonsumsi 60 kalori lebih sedikit saatmakan berikutnya. Untuk Anda yang sedang diet, menambahkan setengah sendok tehcabai bubuk atau lada dalam makanan akan membantu menghilangkan 10 kalori padatubuh.

5. Air



Tentunya Anda tahu bahwa air memiliki banyakmanfaat bagi tubuh dan salah satunya adalah mengontrol nafsu makan. KandunganH2O di dalamnya sangat penting untuk menjaga organ, sendi, jaringan dan fungsisistem pencernaan dengan baik, sekaligus membatasi nafsu makan, seperti yangdiungkapkan Elizabeth DeRobertis, MS, RD, CDN, CDE, seorang ahli diet. Studimenunjukkan bahwa partisipan yang minum dua gelas air sebelum makan,mengonsumsi 75 - 90 kalori lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak minumair sama sekali.

6. Yogurt



Kaya kalsium dan rendah gula serta kandunganprotein yang tinggi adalah salah satu faktor utama tubuh akan merasa kenyanglebih lama. "Makanan kaya protein juga mengandung lemak dalam jumlahtertentu, yang akan menahan nafsu makan," ujar Kaye.

7. Sup



Makanlah sup jika Anda ingin mengurangi porsimakan Anda. Sebuah penelitian terbaru dari Pennsylvania State Universitymengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi satu porsi sup untuk sarapan, makan100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saatsarapan. Kandungan air yang tinggi dalam sup, serta sayuran yang ada didalamnya akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun pastikan Andamengkonsumsi sup yang cair dan bukan krim.

8. Kacang Almond



Semua jenis kacang-kacangan memiliki lemaksehat yang baik untuk jantung, namun kacang almond mengandung paling banyakserat, sehingga akan membuat Anda lebih kenyang. "Makan sekitar 15 almondsaat siang dan makan malam dapat mencegah kelaparan dan perasaan ingin ngemildi sore hari," ungkap Kaye. Sebuah studi menunjukkan bahwa tubuh tidakdapat menyerap semua lemak dalam almond, sehingga memungkinkan asupan kalorilebih rendah saat dikonsumsi. Namun ingat, Anda tetap tidak boleh memakannyasecara berlebihan. Kaye menambahkan, terlalu banyak makan almond akan merusakselera Anda ketika makan siang, sehingga asupan kalori harian tidak tercukupi.


Follow On Twitter